RESPON PEMBERIAN PUPUK BOKASHI PADA TANAH ULTISOL TERHADAP PRODUKSI TANAMAN SAWI HIJAU (Brassica juncea L) DI DALAM POLYBAG

  • Novianto Novianto Universitas Musi Rawas
  • John Bimasri Universitas Musi Rawas
  • Verro Afrius Pratama Universitas Musi Rawas
Keywords: Bokashi, Sawi Hijau, Tanah Ultisol

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pemberian pupuk bokashi pada tanah Ultisol terhadap produksi tanaman sawi hijau (Brassica juncea L) dalam polybag. Penelitian ini telah dilaksanakan di Kelurahan Air Kuti Kecamatan Lubuklinggau Timur I Kota Lubuklinggau, pada bulan Maret sampai Mei 2017, dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial, dengan enam perlakuan dan empat ulangan. Perlakuan yang diuji coba dalam penelitian ini adalah : B0 = Tanpa Pupuk Bokashi, B1 = Pupuk Bokashi 5 gram/polybag setara 1 ton/ha, B2 = Pupuk Bokashi 10 gram/polybag setara 2 ton/ha, B3 = Pupuk Bokashi 15 gram/polybag setara 3 ton/ha, B4 = Pupuk Bokashi 20 gram/ polybag setara 4 ton/ha, B5 = Pupuk Bokashi 25 gram/polybag setara 5 ton/ha. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian pupuk bokashi sebanyak 25 gram/polybag setara dengan 5 ton/ha (B5) mampu meningkatkan hasil pertumbuhan tanaman sawi hijau yang terbaik pada tanah Ultisol.

Published
2018-07-31
How to Cite
[1]
Novianto, N., Bimasri, J. and Pratama, V. 2018. RESPON PEMBERIAN PUPUK BOKASHI PADA TANAH ULTISOL TERHADAP PRODUKSI TANAMAN SAWI HIJAU (Brassica juncea L) DI DALAM POLYBAG. Prospek Agroteknologi. 7, 1 (Jul. 2018), 29-37.