Jurnal Teknik Elektro PERHITUNGAN TAHANAN PENTANAHAN GARDU DI GRIYA KASWARI PALEMBANG

  • Marliyus Sunarhati Universitas Palembang
Keywords: : Perhitungan tahanan pentanahan, sistem pentanahan, nilai tahanan pentanahan.

Abstract

Sistem pentanahan bertujuan untuk mengamankan peralatan-peralatan listrik maupun manusia yang berlokasi di sekitar gangguan dengan cara mengalirkan arus gangguan ke tanah. Salah satu faktor untuk mendapatkan nilai tahanan pentanahan yang kecil yaitu letak elektroda yang akan ditanam. Untuk menentukan suatu sistem pentanahan maka perlu dilakukan perhitungan nilai tahanan tanah.

Salah satu unsur yang perlu diperhatikan dalam perhitungan suatu sistem pentanahan adalah kondisi tanah didaerah dimana sistem pentanahan tersebut akan dipasang. Perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan metode satu batang elektroda dan dua batang elektroda yang ditanam ditanah dengan kedalaman bervariasi. Perhitungan ini bertujuan untuk mengetahui besar tahanan pentanahan pada tanah yang .

Dari hasil perhitungan diperoleh kesimpulan bahwa nilai tahanan pentanahan sangat dipengaruhi oleh kedalaman elektroda yang ditanam, jumlah elektroda, jarak antar elektroda dan kondisi tanah dimana elektroda tersebut ditanam

 

Published
2017-11-13