PENGARUH SUASANA TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA RETAIL RE-MART DI KOTA PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suasana toko terhadap keputusan pembelian konsumen pada Retail Re-Mart di kota Palembang, secara parsial. Variabel dalam penelitian ini adalah suasana toko dan keputusan pembelian konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan masyarakat di Kota Palembang yang pernah melakukan transaksi di Reatail Re-Mart selama satu bulan terakhir. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode stratified random sampling, dengan pengertian bahwa populasi dalam penelitian ini bersifat heterogen sehingga sampel yang terpilih sebanyak 90 reponden. Teknik pengumpulan data adalah metode wawancara, literature dan observasi. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linear berganda, data yang diperoleh diklasifikasi, ditabulasi dan diolah menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara variable suasana toko berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Retail Re-Mart di kota Palembang.