PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN KOSMETIK WARDAH PADA GERAI KOSMETIK CAREEFOUR PALEMBANG SQUARE DI KOTA PALEMBANG
Abstract
Minat beli timbul dari dalam diri seorang konsumen setelah konsumen tersebut mengkonsumsi dan merasakan sendiri manfaat yang diterima ketika mengkonsumsi suatu produk. Selain itu ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi minat beli seorang konsumen yaitu kualitas produk dan harga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 95 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Hasil pengujian regresi berganda menunjukkan bahwa semua variabel independen (kualitas produk dan harga ) berpengaruh positif terhadap minat beli. Pengaruh positif terbesar terhadap minat beli kosmetik harga adalah pada variabel kualitas produk hal ini ditunjukkan dari nilai koefisien regresi sebesar 0,417, kemudian diikuti oleh variabel harga yang ditunjukkan dari nilai koefisien regresi sebesar 0,288. Hasil uji Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,789 atau 78,9%. Artinya variabel Minat Beli kosmetik Wardah dijelaskan sebesar 78,9 % oleh Kualitas Produk dan Harga, sedangkan sisanya sebesar 21,1 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.