Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Semen (Study Kasus pada PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap keputusan pembelian semen (Study Kasus pada PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk). Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden. Data yang digunakan adalah data primerdan data sekunder yang dianalisis dengan menggunakan persamaan regresi linier bergandaa, uji hipotesis (uji t dan uji f), serta koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian diperoleh Y = 3,327 + 0,504X1 + 0,321X2 + 0,345X3 +0,519X4. Konstanta sebesarĀ 3,327 adalah keputusan konsumensebelum dipengaruhi oleh variabel strategi pemasaran. Hasil perhitungan menunjukkan nilai R2 = 0,547. Hal ini berarti bahwa sebesarĀ 54,7% variasi naik turunnya keputusan konsumen dipengaruhi variabel Strategi Pemasaran . Sedangkan sisanya sebesar 45,3 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini.