Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Toko Online Lazada (Studi Kasus : Masyarakat Kecamatan Sukarami Palembang)

  • Amir Hamzah Politeknik Anika Palembang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan toko online Lazada di Kecamatan Sukarami Palembang.Alasan peneliti memilih toko online Lazada sebagai objek penelitian karena jaringan e-commerce Lazada berada di berbagai negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Lazada juga menempati peringkat keempat top e-commerce 2020, dengan jumlah kunjungan ke website Lazada.co.id mencapai 21,4 juta.  Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif data yang digunakan data primer dan sekunder, metode dan teknik menggunakan Studi pustaka, dengan mengadakan studi penelaahan terhadap buku-buku, literatur-literatur, catatan-catatan, dan laporan-laporan yang ada hubungannya dengan masalah yang dipecahkan. Angket (kuesioner), disebarkan melalui google formulir. Populasi masyarakat kec. Sukarami berjumlah 60 orang. Teknik analisis regresi sederhana, dengan melakukan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik dan hipotesis.  Hasil pengujian regresi linier sederhana terbentuk persamaan Y = 3,130 + 0,612X, dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,527 atau 52,7%, menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dapat menjelaskan kepuasan pelanggan sebesar 52,7% sedangkan sisanya 47,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Published
2022-01-05
How to Cite
Hamzah, A. (2022). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Toko Online Lazada (Studi Kasus : Masyarakat Kecamatan Sukarami Palembang). Jurnal Manajemen, 9(1), 27-41. Retrieved from https://jurnal.unpal.ac.id/index.php/jm/article/view/508