Pergeseran Strategi Pemasaran Tradisional Menuju Pemasaran Digital Pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Artikel yang berjudul Pergeseran Strategi Pemasaran Tradisional Menuju Pemasaran
Digital ini membahas mengenai dampak yang diakibatkan oleh pandemi covid-19 yang melanda dunia ini khususnya di Indonesia sejak awal tahun 2020. Ada banyak aspek
yang terkena dampak pandemi ini termasuk turunnya tingkat perdagangan dan penjualan, peningkatan pengangguran serta aspek lainnya yang berkaitan dengan berubahnya strategi pemasaran bisnis di Indonesia menuju strategi digital. Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengkaji strategi bisnis yang sekiranya dapat menjadi solusi dalam peningkatan perekonomian masyarakat melalui perubahan strategi pemasaran di masa pandemi covid-19. Dalam penelitian ini digunakan penelitian kepustakaan yang dalam proses pengambilan datanya tidak terjun secara langsung tetapi dengan mengambil berbagai sumber referensi yang mendukung suatu penelitian. Teknik pengumpulan data dengan penyimak serta mencatat informasi penting yang berkaitan dengan judul artikel ini. Pandemi covid-19 ini telah memporak porandakan berbagai aspek termasuk penjualan eceran, retail serta jenis perdagangan lainnya. Oleh karena itu perubahan strategi pemasaran menjadi salah satu solusi yang disuguhkan untuk mengembalikan kesehatan perekonomian di Indonesia dengan mengikuti perkembangan zaman, teknologi dan informasi.