INOVASI PELAYANAN PERIZINAN MELALUI ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) STUDI MAL PELAYANAN PUBLIK KOTA PALEMBANG.
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pelayanan perizinan melalui Online Single Submission Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palembang pada Mal Pelayanan Publik. Hasil pembahasan menunjukkan mengenai pelayanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) melalui Online Single Submission (OSS) bertujuan mewujudkan pelayanan perizinan yang mudah, cepat dan transparan, meningkatkan kepercayaan publik atas pelayanan kepada masyarakat. Beberapa inovasi pelayanan publik yang telah terintegrasi dengan OSS seperti Sistem Pelayanan Perizinan (SIPPERI) dan Aplikasi SiCantik. Namun, beberapa kendala dalam penggunaan layanan ini terjadi pada faktor masyarakat seperti keberagaman tingkat pengetahuan masyarakat terhadap perkembangan teknologi informasi sehingga masyarakat kesulitan mengakses inovasi pelayanan publik. Untuk itu, Pemerintah Kota Palembang berupaya mengatasi kelemahan yang terjadi pada masyarakat dengan menyediakan pegawai pendamping khusus di Mal Pelayanan Publik sehingga masyarakat yang awam terhadap teknologi informasi masih dapat mampu mengakses layanan secara optimal. Maka dari itu, Pemerintah Kota Palembang terus berupaya mensosialisasikan berbagai platform layanan publik, memberikan edukasi kepada masyarakat tentang layanan publik dengan harapan masyarakat mampu mengikuti dan memanfaatkan perkembangan kemajuan teknologi terutama penggunaan inovasi pelayanan publikdi era digital saat ini.