KINERJA GURU: DISIPLIN, KOMPETENSI, LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI
Abstract
Kualitas sumber daya manusia ditentukan oleh pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Pendidikan bermutu dapat diperoleh melalui pendidikan formal seperti SMP yang seharusnya dikelola profesional agar lulusannya sesuai dengan harapan pemerintah. Keberhasilan guru dalam proses belajar mengajar sangat tergantung dengan kinerjanya dalam menjalankan peran dan tugasnya sebagai tenaga pendidik. Penelitian dilaksanakan guna mendalami pengaruh disiplin (x1), kompetensi (x2), lingkungan kerja (x3) dan motivasi (x4) terhadap kinerja (y) guru, baik secara serentak maupun individual. Metode penelitian yakni survei (kuantitatif). Menurut tingkat eksplanasi, rumusan masalahnya asosiatif berbentuk hubungan kausal. Populasi sebanyak 1.973 dengan confidence level 10%, dihasilkan 95 sampel yang merujuk formula Slovin. Data diuji validitas internal, reliabilitas, inner model dan pengaruh langsung dengan bantuan SEM-PLS. Didapat nilai R Square Adjusted yang maknanya 80,5% kinerja guru secara simultan dipengaruhi variable bebas, sisanya 19,5% terpengaruh model lain. Hasil uji statistik regresi mendeskripsikan disiplin dan kompetensi secara parsial berpengaruh terhadap kinerja, sedangkan lingkungan kerja dan motivasi secara parsial tidak berpengaruh terhadap kinerja guru SMP di Kabupaten Musi Banyuasin.