IDENTIFIKASI BAHAYA BERDASARKAN DAYA ANGKUT LINTAS JALAN REL LINTAS CIKAMPEK-CIREBON DAN LINTAS CIREBONPRUJAKAN-KROYA

  • Reysha Rizki Amanda Lubis
  • Haqiqi Abdurrohman
Keywords: identifikasi bahaya, jalan rel, daya angkut lintas, analisis chi-square

Abstract

Dalam menjaga keselamatan perjalanan kereta api diperlukan proses identifikasi bahaya pada sisi prasarana pada HIRADC guna dilanjutkan ke proses selanjutnya yaitu tahapan pengendalian dimana terdapat berbagai pilihan upaya untuk menurunkan tingkat risiko. Pada penelitian ini identifikasi bahaya dari dua tools yang dimiliki PT Kereta Api Indonesia (Persero) dianalisis untuk mengetahui relevansi dengan realisasi kondisi lintas dalam hal ini diwakili oleh daya angkut lintas menggunakan analisis chi-square yang merupakan salah satu metode dalam penelitian komparatif non parametris. Hasilnya adalah terdapat pengaruh yang signfikan antara jumlah identifikasi bahaya terhadap kondisi lintas, sebab X2hitung (3727)  X2tabel (3,481) sehingga maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Published
2024-07-30

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.