ANALISIS PENGARUH RADIUS LENGKUNG TERHADAP KECEPATAN KERETA API
Abstract
Moda transportasi yang umum digunakan terdiri atas transportasi darat, transportasi laut, dan transportasi udara. Salah satu transportasi yang sering digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari adalah kereta api. Sejalan dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 32 Tahun 2011 tentang standar dan tata cara perawatan prasarana perkeretaapian yang menjelaskan tentang pentingnya pemeliharaan prasarana kereta api agar menjadikan sarana perkeretaapian menjadi moda transportasi yang efisien. Hal tersebut harus sejalan dengan perencanaan yang baik. Prasarana perkeretaapian mencakup jalur rel, stasiun, dan fasilitas operasional yang mendukung kelancaran operasional kereta api. Untuk itu geometrik jalan rel harus direncanakan sedemikian rupa karena perencanaannya mempengaruhi kenyamana, keamanan, dan kinerja dari kereta api. Lokasi penelitian ini dilakukan pada jalur kereta api Lintas Surabaya – Banyuwangi segmen Jember - Kalisat. Tahapan proses penelitian ini dimulai denga survei lokasi kemudian pengumpulan data. Selanjutnya dilakukan pengolahan data untuk menentukan kecukupan data. Setelah data telah mencukupi berikutnya, dilakukan analisis data. Didaptak Kesimpulan bahwa besar dan kecilnya nilai radius lengkung berpengaruh terhadap kecepatan kereta api. Semakin besar nilai radius lengkung, semakin besar juga kecepatan kereta api yang dapat melewati lengkung tersebut.