EVALUASI KONDISI PERKERASAN LENTUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE Pavement Condition Index (PCI) PADA RUAS JALAN SAKO BARU KECAMATAN SAKO PALEMBANG

  • Asrullah Asrullah Universitas Palembang
Keywords: Kerusakan jalan, Pavement Condition Index (PCI)

Abstract

Jalan merupakan  prasarana  transportasi  darat yang dibutuhkan manusia  untuk dapat melakukan pergerakan dari suatu lokasi ke lokasi lainnya dalam rangka pemenuhan kebutuhan. Namun, jalan yang terbebani oleh volume lalu lintas yang berulang-ulang  akan menyebabkan terjadinya penurunan kualitas jalan.  Ruas  jalan  Sako Baru termasuk  dalam  kategori  jalan arteri sekunder. Secara visual di sepanjang jalan ini banyak dijumpai permukaan jalan dalam kondisi rusak. kerusakan tersebut cukup jelas dibedakan bila dibandingkan dengan seksi jalan yang tidak rusak. Kondisi jalan yang rusak apabila dibiarkan terus menerus akan mengalami kerusakan semakin parah seiring berjalannya waktu, selain itu juga membahayakan keselamatan pengguna jalan. Oleh karena itu, perlu dilakukan perbaikan untuk mencegah kerusakan jalan yang semakin parah. Dalam penelitian ini, digunakan metode PCI untuk menghitung tingkat pelayanan jalan secara visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  kerusakan jalan didominasi oleh jenis  kerusakan adalah  alligator cracking sebesar 2,591%, depressions sebesar 0,267%, edge cracking sebesar 0,019%, shoulder drop off sebesar 0,017%, patching & utillity cut patch sebesar 1,346%, potholes sebesar 0,189%, dan weathering/ravelling sebesar 0,377%. dengan nilai kinerja perkerasan  terendah  berada  pada  seksi  14  sebesar  18  (very  poor)  sedangkan  nilai  kinerja perkerasan tertinggi berada pada seksi 15 sebesar 79 (very good).

Published
2020-07-22

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.