PENGARUH VOLUME KENDARAAN TERHADAP TINGKATKERUSAKAN JALAN PADA PERKERASAN LENTUR (FLEXIBLE PAVEMENT)

  • Hariman A Faritzie Universitas Tridinanti Palembang
  • Bahder Djohan Universitas Tridinanti Palembang
  • Berri Wijaya Universitas Tridinanti Palembang
Keywords: LHR (Lalu Lintas Harian Rata-Rata), Persentase Kerusakan Jalan, Perkerasan Lentur (Flexible Pavement)

Abstract

Jalan merupakan prasarana penting dalam transportasi yang dapat berpengaruh terhadap kemajuan bidang ekonomi, sosial, budaya maupun politik di suatu wilayah. Dengan melihat hal ini maka diperlukan peningkatan baik kuantitas maupun kualitas jalan yang memenuhi kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kerusakan, persentase kerusakan jalan dan tebal pelapisan tambahan (Overlay) pada perkerasan lentur jalan Simpang Talang Jambe – jalan AMD Sugiwaras. Melaksanakan survey secaralangsung di lapangan sehingga diperoleh berupa data primer seperti jenis – jenis dan jumlah dari komposisi kerusakan jalan dan jumlah LHR (Lalu Lintas Harian Rata-Rata) pada ruas jalan Simpang Talang Jambe – jalan AMD Sugiwaras. Analisis perhitungan tebal pelapisan tambahan (Overlay) dilakukan dengan menggunakan metode Analisa Komponen PU Bina Marga Tahun 1987. Berdasarkan hasil analisis maka diperoleh besar volume kendaraan pada ruas Jalan Simpang Talang Jambe sebesar 4581 kendaraan/hari/2 arah. Dan persentase kerusakan jalan sebesar 30,03% dengan perhitungan tebal perkerasan lapisan tambahan (Overlay) dengan umur rencana 5 tahun sebesar 14 cm dan untuk umur rencana 10 tahun sebesar 17 cm

Published
2020-07-22
Section
Articles