ANALISIS PENGARUH PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN WILAYAH TERHADAP DISTRIBUSI TENAGA LISTRIK (Studi pada Wilayah Pengembangan Kota Palembang)

  • Subianto Subianto Universitas Palembang
  • Ali Kasim Universitas Bina Darma
Keywords: Perencanaan dan Pengembangan Wilayah, Distribusi Tenaga Listrik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menentukan, menilai dan menganalisis perencanaan dan pengembangan daerah di kota Palembang, (2) Untuk menentukan, menilai dan menganalisis pengaruh perencanaan dan pengembangan daerah distribusi tenaga listrik di kota dari Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan SEM. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan verifikasi, dimana studi verifikasi dilakukan dengan menguji hipotesis yang menguji hubungan kausal antara variabel eksogen pada variabel endogen.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan dan pengembangan wilayah di bidang kota berdasarkan persepsi karyawan berada dalam kisaran cukup setuju dengan kategori sense of good, karyawan umum sudah memiliki pengetahuan yang baik dan pemahaman yang mendalam, (2) Wilayah perencanaan dan pengembangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap distribusi tenaga listrik. Ini memberikan gambaran umum tentang perencanaan dan pengembangan daerah yang memiliki peran penting dalam mendukung ketersediaan tenaga listrik.

Published
2018-08-11
How to Cite
Subianto, S., & Kasim, A. (2018). ANALISIS PENGARUH PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN WILAYAH TERHADAP DISTRIBUSI TENAGA LISTRIK (Studi pada Wilayah Pengembangan Kota Palembang). Jurnal Teknik Elektro, 8(2), 39-48. https://doi.org/10.36546/jte.v8i2.196

Most read articles by the same author(s)