PERHITUNGAN ARUS DAN SUDUT PERISAI PENANGKAL PETIR PADA TANGKI KONDENSAT CONOCO PHILIPS LTD RAWA MUSI BANYUASIN

  • Choirul Rizal Universitas Palembang
Keywords: Konservasi Energi, Faktor Daya, inverter, kapasitor bank,

Abstract

Konservasi energi didefinisikan sebagai kegiatan pemanfaatan energi secara efisien dan rasional tanpa mengurangi penggunaan energi yang diperlukan. Tujuan konservasi adalah untuk memelihara sumber daya alam yang berupa sumber energi melalaui kebijakan pemilihan teknologi dan pemanfaatan energi secara efisien, rasional untuk mewujudkan kemampuan penyediaan energi.

Konservasi energi listrik dapat dilakukan secara teknis dan nonteknis. Secara teknis konservasi menggunakan alat yaitu inverter dan kapasitor bank. Inverter digunakan untuk mengkonversi tegangan searah ke suatu tegangan bolak-balik dimana frekuensi dari tegangan tersebut dapat diatur. Kapasitor bank merupakan peralatan listrik yang mempunyai sifat kapasitif, yang terdiri dari sekumpulan beberapa kapasitor yang disambung secara paralel untuk mendapatkan kapasitas kapasitif terterntu.

Untuk mengkonversikan energi listrik kita harus memperbaiki faktor daya atau yang dikenal dengan cos phi, secara teknisnya kita bisa menghitungnya dengan cara mengetahui besarnya arus, tegangan, frekuensi dan dayanya.

Published
2017-04-15
How to Cite
Rizal, C. (2017). PERHITUNGAN ARUS DAN SUDUT PERISAI PENANGKAL PETIR PADA TANGKI KONDENSAT CONOCO PHILIPS LTD RAWA MUSI BANYUASIN. Jurnal Teknik Elektro, 7(1), 10-21. https://doi.org/10.36546/jte.v7i1.201