ANALISA SISTEM PROTEKSI RELAI SEPAM PADA FEEDER A08 DI GARDU INDUK MSS TAL PT.BUKIT ASAM (PERSERO).TBK

  • Subianto Subianto Universitas Palembang
Keywords: Relai, Arus lebih,Impedansi

Abstract

Rele peroteksi adalah susunan peralatan pengaman yang dapat merasakan atau mengukur adanya gangguan atau ketidakstabilan system yang kemudian secara  automatis  dapat  memberikan  respon  berupa  sinyal  untuk  menggerakan system mekanisme pemutusan tenaga agar dapat terpisah pada bagian yang terganggu. Rele peroteksi digunakan untuk mendeteksi adanya gangguan pada sistem tenaga listrik terutama untuk memberikan tanda bahaya, memutuskan bagian system yang tidak normal serta melepas pemutus tenaga apabila gangguan dianggap berbahaya.

Tujuan dari Penelitian ini adalah agar dapat mengetahui dan mengerti sistem proteksi distribusi tenaga listrik, memahami cara perhitungan relai arus lebih, serta mengetahui perbandingan setting relai arus lebih pada relai sepam exsiting dengan hasil perhitungan di PT. Bukit Asam (Persero).Tbk Unit Pertambangan Tanjung Enim.

Dengan adanya hasil perhitungan yang didapat, maka dapat dibandingkan data yang ada dengan data real di lapangan serta dengan telah dianalisa.

Published
2017-04-15
How to Cite
Subianto, S. (2017). ANALISA SISTEM PROTEKSI RELAI SEPAM PADA FEEDER A08 DI GARDU INDUK MSS TAL PT.BUKIT ASAM (PERSERO).TBK. Jurnal Teknik Elektro, 7(1), 54-64. https://doi.org/10.36546/jte.v7i1.205

Most read articles by the same author(s)