Jurnal Teknik Elektro PENGGUNAAN SOLAR SEL SEBAGAI PEMBANGKIT TENAGA SURYA

  • Choirul Rizal Universitas Palembang
Keywords: Matahari, Radiasi, Photovoltaic, Listrik

Abstract

Pembangunan PLTS sangat cocok untuk daerah yang sangat sulit untuk dialiri listrik jaringan PLN, dan daerah terpencil yang transportasi daratnya sangat sulit. Sebuah modul surya akan menghasilkan arus listrik pada waktu siang hari. Keluarannya tidak akan merupakan arus dan tegangan yang konstan, keluarannya akan tergantung pada keadaan geografis, waktu, musim, perubahan temperatur dan juga kondisi dari cuaca. Modul-modul mi digunakan untuk mengisi baterai pada waktu siang hari, jadi daya yang terdapat pada baterai dapat digunakan pada waktu malam hari atau pada waktu berawan mendung.

Untuk mengetahui jumlah modul yang akan digunakan dalarn sistern PLTS, maka harus mengetahui terlebih jumlah modul yang akan digunakan dalarn sistem PLTS, kita harus mengetahui terlebih jumlah behan yang akan dialiri. Di sini penerapannya tertetak di Desa Talang Sawah, Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat. Kebutuhan beban rata-rata sehari sebesar 120 kWh. Untuk menyuplai kebutuhan listrik ke desa ini dibutuhkan 600 modul surya, yang dihubungkan sebanyak 40 cabang dimana tiap cabangnya mempunyai 15 modul. Serta baterai sebanyak 140 buah yang mempunyai kapasitas total sebesar 2500 Ah.

Published
2019-10-18

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.