KAJIAN MANAJEMEN OPTIMALISASI PENERANGAN JALAN UMUM

  • Marliyus Sunarhati Universitas Palembang
  • Rosita Efriyanti Universitas Palembang
  • Ricky Kurniawan Universitas Palembang

Abstract

Kajian  ini  bertujuan  untuk  memberi masukan kepada  Pemerintah  Kota  Palembang dalam rangka efisiensi penggunaan daya listrik untuk penerangan jalan umum dan pengelolaan pendapatan pajak dari masyarakat. Kajian ini menggunakan pengaruh dari kepadatan lalu lintas jalan dalam satuan mobil penumpang (smp), guna optimalisasi penerangan jalan umum dalam kondisi kepadatan lalu lintas jalan yang rendah. Data Volume Lalu lintas Harian Rata-rata (LHR) Jalan Kaswari dilakukan dari jam 18.00 sore hari, hingga 06.00 WIB pagi  dengan pencatatan per

15 menit, kemudian dibuat tabel grafik garis hubungan antara LHR dengan waktu penyalaan lampu penerangan jalan umum Kota Palembang, pada hari kerja diperoleh : (1) waktu efisiensi penyalaan lampu pada K1 (25%) antara jam 22.30 sampai dengan 03.45 Wib, (2) waktu efisiensi penyalaan lampu pada K2 (50%) antara jam 21.45 sampai dengan 04.30 Wib. Sedangkan pada hari libur berdasarkan keamanan dan keindahan kota serta volume lalulintas kendaraan yang cukup padat maka tidak ada perlakuan optimalisasi peredupan. Optimalisasi dengan sistem peredupan  ballast  (40%)  dari  daya  250  watt  menjadi  150  watt  pada  seluruh  titik  lampu penerangan, didapat perhitungan kuat penerangan rata-rata sebesar 32,4 Lx,   dan masih memenuhi syarat minimal kuat penerangan rata-rata untuk jenis jalan kolektor sebesar 7 Lx. Sistem optimalisasi dengan peredupan  diperoleh efisiensi pada K1 (25%) sebesar 23,16 % dan K2 (50%) sebesar 25,05%..

Published
2023-05-05

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.